Kamis, 23 April 2020

Curhat #23042020

Susahnya jadi seorang kakak

Siapa sih di dunia ini yang bisa memilih untuk bisa lahir duluan atau belakangan?? setiap manusia tidak bisa memilih takdir mereka. Apalagi takdir mereka untuk jadi seorang kakak. Yah seorang kakak, terdengar sangat biasa dan tidak ada hal special dengan seorang kakak. Dia hanya lahir dulu, umurnya lebih jauh di atas kita dan dia juga bisa di bilang lebih tua dari pada kita, tidak ada yang special lagi. Namun apakah kalian tahu?? sebenarnya pekerjaan atau tittle seorang kakak bukanlah hal yang mudah, apalagi peran dia di keluarga. Seorang kakak adalah gambaran terbesar sebuah keluarga, anak pertama adalah segalanya, kesempurnaannya di tuntut disana. Dia harus bisa berperan jadi apa saja yang diinginkan keluarganya, dia harus bisa menjadi contoh bagi adik-adiknya, dia harus juga mengalah kepada adik-adiknya, dia tidak bisa memaksakan egonya untuk kepentingannya sendiri, iya itulah tugas seorang kakak. Namun tidak semua orang atau lebih tepatnya tidak semua kakak bisa melakukannya. Kakak juga manusia, manusia dengan ego dan juga pola pikirnya sendiri, tidak ada manusia yang terlahir sempurna, setiap manusia punya kelemahan dan kelabihannya sendiri. Di antara ribuan bahkan juataan manusia di bumi ini tidak ada yang sempurna, mereka hanya terlihat sempurna hanya pada orang-orang yang melihat mereka sempurna, hanya beberapa orang yang berfikir mereka sempurna, walaupun pada kenyataannya tidak semua yang orang lihat itu adalah benar. Terkadang seseorang hanya mau mengakui pola pikirnya sendiri tanpa melihat yang lain di sekitarnya. Sedih memang jika sudah begitu, iya karena itu sifat alami manusia, jadi ya memang seperti itulah dunia ini, seseorang akan terlihat sempurna jika seseorang lainnya melihat mereka dan mengakui bahwa mereka sempurna dengan tolak ukur masing-masing, semua tidak sama.
Sama seperti seorang kakak, berbeda di setiap keluarga, mereka tidak sama dan jangan menuntut mereka untuk sama di setiap keadaan keluarganya. Kakak merupakan pekerjaan yang sangan susah kawan, dia harus rela, merelakan apapun untuk kepentingan adiknya, bahkan keluarganya. Dia harus mengalah pada egonya dan terus berbuat untuk kebaikan bersama. Namun ada pula kakak yang bahkan tidak mau tahu dengan keluarga beseta adiknya, mereka lebih mengutamakan egonya. Aku tidak menyalahkan mereka, iya itu semua kembali lagi dengan tadi, kodrat mereka sebagai manusia yang tidak pernah luput dari ego dan juga pola pikirnya. Aku punya seorang adik, seorang adik yang memiliki Mood yang selalu berubah di setiap detiknya. Marah ataupun ngambeknya jauh lebih parah dari cewek yang sedang PMS, padahal adiku seorang laki-laki. Dia selalu berubah mengikuti suasana hatinya, kalau dia sudah diam, sampai lebaran yang ke tigapun dia akan tetap diam. Kalau dia lagi seneng, walaupun kita lagi sedih pasti diajak ketawa sama dia, iya begitulah adikku, dia tidak melihat sekitarnya dia hanya bergerak mengikuti suasana hatinya. Dan aku sebagai kakak, apa yang harus aku lakukan? tidak ada, jawabannya adalah tidak ada, aku hanya harus bergerak juga mengikuti alurnya. Bukan karena sebab, tapi aku sudah terlalu lelah menghadapi sikapnya yang seperti ini. Dia sudah dewasa namun sama sekali pemikirannya belum mencapai titik dewasa, emosinya sangat tidak bisa di kendalikan. Dan aku hanya seorang kakak, kadang aku juga tidak dianggap, aku hanya sebuah angin lalu oleh adikku, kadang pula aku juga bercanda dan curhat sama dia, tetapi pada suatu titik dia akan menjauh dariku, dan tidak ada sepatah katapun yang keluar dari mulutnya. Aku akan tetap memperlakukan dia seperti biasa walaupun hatiku getir melihat sikap dia padaku, mana ada orang yang mau di cuekin apalagi ini di cuekin sama orang yang satu DNA dengan kita. 
Iya itulah curhatanku, curhatan seorang kakak, kakak tidak pernah meminta adiknya lebih, kadang dia hanya ingin di perhatikan oleh adiknya walaupun hanya beberapa detik saja. Cobalah kalian para adik menjadi kakak sehari saja , menghadai seorang adik seperti adikku, sehari saja kalian ada di tempatku aklian akan tahu kalau jadi kakak itu bukanlah hal yang mudah.


End.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar